Galeri Photo Terbaru
Kalender
16 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

STEBIS DARUSSALAM
TUGUMULYO
LEMPUING OGAN KOMERING ILIR

 

STEBIS Darussalam OKI berdiri atas prakarsa pengurus Yayasan Pendidikan Pondok pesantre Darussalam KH.Nurhadi Hizbulloh, S.Pd.I.,M.M. yang memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan. Dengan semangat yang tinggi dan perhatian yang besar akan kenutuhan pendidikan masyarakat Ogan Komering Ilir serta keketersediaan SDM Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam maka di adakan rapat pengurus yayasan yang pada saat itu di hadiri oleh enam orang pengurus lainya untuk mendirikan Perguruan Tinggi Pada Lembaya Pendidikan Pondok peasntren Darusalam.

Atas inisiatip Ketua Yayasan dengan di sepakati oleh pengurus lainya maka di bentuklah Tim Panitia yang diri atas enam orang KH.Nurhadi Hizbulloh, S.Pd.I.,M.M. (Ketua), Erham Asari, S.Pd.I.,M.M. (Wakil) Mastur,S.Pd.I.,M.E.(Sekretaris), Misnahudin Arif, S.Pd.I (Bendahara), Abu Qosim,S.H.,M.H. (Angota) Yusuf Saikhoni, S.Pd.I (Anggota) sebagi Tim Pendirian Perguruan Tinggi dengan Fakultas Pembuka Ekonomi dan Bisnis.

Bukanlah suatu hal yang mudah untuk mendirikan Perguruan Tinggi mengingat keterbatasan SDM Yayasan pada saat itu, beberapa kali harus mengalami kendala dalam penyusunan Proposal  Pendirian Perguruan Tinggi. Kemudian Allah SWT mempertemukan Tim Panitia dengan Abdul Hamid, S.E.,M.E. dan Sukhemi, S.T.,M.T. salah satu dosen sekali gus Kaprodi Febi UIGM Palembang. Dengan beberapa kali konsultasi dan shering dengan beliu ahirnya terbentuklah proposal perguruan Tinggi dan siap untuk dikirimkan ke Kemndiktais Jakarta agar di tindak lanjuti atas permohonan Pendirian Perguruan Tinggi.

 

Visitasi Perguruan Tinggi Oleh Dirjen-Diktis

Seakan segala hal yang terasa manis tidak akan ada tanpa adanya rasa pahit. Demikianpula dalam pendirian  Perguruan Tinggi yang akan didirikan tersebut. Begitu  proposal di sodorkan harus kembali untuk perbaikan. Bagai punguk merindukan bulan begitulah 0rang memgibaratkan. Harapan demi harapan ditanamkan dalam hati Tim Panitia dengan harapan usaha tersebut membuahkan hasil dan ternyata benar Proposal yang oleh panitia kirmkan mendapatkan respon yang sangat baik sehingga  dinyatakan layak untuk di visitasi.  Visitasi pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2015 oleh Tim Visitasi Dirjen-Diktis yang pada saat itu di ketua Oleh Abdullah Sarsam  untuk melakukan verivikasi dan  peninjauan lapangan atas proposal yang di ajukan oleh Tim Panitia. Hasil dari visitasi tersebut menumbuhkan  harapan baru bagi Tim Panitia Pendirian Perguruan Tinggi. Setelah Ketua Tim dan rombongan melakukan verifikasi di lapangan serta meninjau segala sarana dan prasarana serta kesiapan SDM yang tersedia di Yayasan Pendidkan Pondok Pesantren Darussalam terhadap kesiapan  Dosen  Pengampu dalam Pendidrian Perguruan Tinggi, Tim visitasi Menyatakan bahwa di  Tugumulyo tepatnya di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam di dinyatakan Layak Berdiri STEBIS Darussalam.

Namun  keputusan dinyatakanya Layak Berdiri STEBIS Darussalam di Yayasan Pendidkan Pondok Pesantren Darussalam bukan berarti secara serta-merta berdiri STEBIS darussalam. Setelah visitasi pertama di laksanakan harus dilakukan visitasi tahap dua sebagai bentuk validasi atas visitasi pertama. Dan juga disebabkan bahwa lokasi calon STEBIS Darussalam berdekatan dengan dua Perguruan Tingi lain yang di duga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan dalam perekrutan mahasiswa. Hal ini sungguh sangat di luar dugaan Panitia.  Atas kondisi tersebut pula pernyataan Layak Berdiri STEBIS Darussalam oleh Ketua Tim Visitasi tahap pertama  harus di tinjau kembali.

Sungguh karunia Allah SWT tak terhingga ketika rasa percaya diri sudah hampir pupus, hanya menyisaka harapan yang tak reda termakan jaman. Ketika perjalanan Proposal telah usang di makan waktu yang sudah hampir mencapai 3 tahun, Allah SWT mempertemukan Tim panitia dengan hambnya yang lain yaitu Prof. Dr. Syarifudin Basyar,  seorang mantan rektor IAIN  Juraishiwo dan Juga Guru Besar aktin IAIN raden Intan Lampung. Dari hasil perkenalan dan pertemuan panitia dengam Beliau, berbagi ilmu dan strategi dalam mendirian Perguruan Tinggi di ajarkan. Harapan kembali muncul. Semangat kembali bangkit. Ketika panitia berhasil meyakinkan Dirjen -Diktis bahwa dari kedua Perguruan Tinggi yang sudah dahulu berdiri, Keberadaan STEBIS Darussalam nantinya tidak akan menjadi bomerang bagi keduanya akan tetapi justru menjadi patner dalam  memajukan pendidikan sesuai amanat undang-undang di wilayah  Sumatra Selatan  kususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Ahirnya tepat tanggal 07 September 2016 di laksanakanlah Visitasi tahap dua.

 

Ijin Operasional STEBIS Daruusalam

Rupanya setiap keberhasilan memanag harus di raih dengan perjuangan dan kesabaran yang bahkan tidak boleh lupa adalah keikhlasan yang tetap harus terpatri dalam jiwa kita. Betapa tidak lika-liku sejarah akan berdirinya STEBIS Darussalam merupakan suatu perjuangan tanpa pamrih, tak kenal lelah serta pantang untuk menyerah. Itulah yang di rasakan oleh Panitia. Mungkin kehendak   Allah SWT yang  seakan  ingin menguji seberapa besar keseriusan pengurus Darussalam dalam mengelola dan berusaha mewujudkan harapan. Satu bulan, dua bulan, tiga bulan bahkan berjalan lebih kurang dua tahun dari Visi tasi kedua yang telah dilaksanakan tak kunjung jua SK Ijin Operasional di berikan. Rupanya begitulah kiranya ketika seseorang ingin meraih impian harus berusaha dan pantang berputus asa. Berbagai kesempatan dilakukan untuk berkonfirmasi tentang kelanjutan pendirian STEBIS tetapi hasilnya masih belum bisa di pastikan.

Memang tidak bisa di pungkiri bahwa Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah saat itu menjadi idaman bagi perguruan tinggi dimanapun bahkan mungkin di Ogan Komering Ilir sendiri pun demikian, sehingga proses pendirian Perguruan Tinggi kususnya untuk Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah mengalami banyak kendala di karenakan banyaknya yang menginginkan Prodi tersebut. Namun bagi Tim Panitia Pendirian STEBIS sendiri hal tersebut tidak lantas menjadi halangan, sebab dengan keyakinan dan ketersediaan srana serta prasaran terlebih kesiapan SDM yang sudah mencapai hampir 100% siap untuk menerima Amanah yang di bebankan yaitu mendirikan Perguruan Tinggi dengan Prodi Ekonomi Syariah dan Permbankan syariah yang masing-masing adalah Strata Satu

Dan sungguh karunia Allah akan senantiasa terrcurah kepada siapa saja mereka yang bersungguh-sungguh dalam berusaha, tepatnya tanggal 07 April 2017, Tim Panitia di undang kejakarta untuk menerima pembagian SK Ijin Opersional Pendirian Perguruan Tinggi.

Rasa haru dan seakan tidak percaya saat itu dirasakan dalam diri ketua tim apa yang di usahakan selama ini menjadi kenyat 07 April tahuin 2017 STEBIS Darussalam dinyatakan sah berdiri dengan diterbitkan Surat Keputusan Direktorat Perguruan Tinggi  Nomor931 Tahun 2017 Tentang Ijin Opersional Pendirian Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis (STEBIS) Darussalam Kabupaten Ogan Komering Ilir.